Sabtu, 26 Agustus 2017

Sulitnya Memetakan Pembaca Blog


Halo blog....

Semua uda pada dot.com ya?
Apa cuma aku doang yang belum?
fuuh...

*tapi yauda si Mbul, memangnya kamu ada adsensenya? Tulisan berbayar aja ga ada wkwkwk*.

Chinnesefontdesign 

Yah beginilah blog aku yang lagi-lagi keliatan masih begini-begini aja. Tapi ya tetep aku rawat juga sih, meski kadang aku ngerasa kayak ada love-hate relationship dengan blogku yang berplatform blogspot ini.


Lovenya karena aku ngerasa ga ribet ketika mau posting sesuatu. Nulis ya nulis aja. Ga pake draft-draftan segala, la wong tulisanku banyakan random tanpa riset or apa gitu haha. Tujuannya biar plong aja. Niat biar keliatan bermanfaat or sesuatu yang shareable kayak tulisan-tulisan self reminder punya seleb internet orang-orang di fb? Kayaknya enggak deh. Tulisanku masih jauuuh. Masih oenyoek-oenyok *huek* jika dibandingkan dengan artikel para mastah...Karena di sini aku bukanlah sapa-sapa. Masih kecil lah diriku ini dibandingkan dengan mereka, hihih. Jadi seringnya aku nulis ya langsung publish aja. Saat itu juga, sehingga kadang ga memungkiri pula bahwa aku masih banyak melakukan edit sambil jalan.

Sudah begitu senengnya sama blog yang satu ini karena udah banyak temen. Coba aja menclok bentaran di blogku yang lain? Huft kayaknya malah blom pada engeh kali ya sama tulisanku yang di sana. Tulisan yang lebih serius aku garap di bidang sinopsis film maupun kuliner. Lalu sempat terpikir olehku bahwa, hmmm....apa jangan-jangam tulisanku yang di sana emang engga laku ya huahhahaha.... (tapi ya ga papa juga sih, seenggaknya punya blog yang ada spesifikasi tertentunya bisa narget netizen random di belantara maya ini).

Oke itu tadi bagian lovenya.

Lalu sisi yang satunya lagi bagaimana Mbul?

Eheum.

Hatenya karena pernah ada kejadian menyebalkan yang pernah aku tulis di sini dan jujur bikin t.r.a.u.m.a (gara-gara hal reseh ini nih yang bikin keinginanku suatu saat memonetize blog jadi terkendala) #kemudian berniat memboyong semua konten jalan-jalan dan kulineranku di wordpressku yang ini (Selain juga tentu sadja karena template wordpress bikin betah buat ngupload foto-foto dengan kualitas gede dan bening). Ya masa kan blog niche kuliner, foto-foto penunjangnya burem or dikit? Kan bukan gue banget. Hohoho.

Itu satu.

Kedua, rasa-rasanya kok aku makin riweh ya dengan dunia blogging ini ? Riweh yang dibikin sendiri sih tentu aja, jadi ga mau menyalahkan pihak lain juga hahaa. Entah klo temen-temen ngerasain hal yang sama ato engga. Bahwa aku bilang nulis itu sebenernya gampang, ide juga banyak--bertebaran dimana-mana,  yang susah itu mencari pembacanya. Memetakan pembaca sesuai preferensi/ minat bacaan yang biasa dia sukain--terutama.

Uh, mbulet ya bahasaku? Maksudnya gini, dalam permasalahan ini....kadang tu aku pingin menggiring pembaca yang biasa nulis cerita traveling or kuliner buat baca tulisanku yang tema itu juga. Terus pingin menggiring tipe pembaca cerita curcolan ato postingan pendek ke ceritaku yang pendek-pendek juga. Pingin ngajak blogger film maen ke blog filmku aja--bukan yang post curhatan or kuliner, tapi ternyata syusah buat ngetrap-ngetrapin merekanya kemana.

Yang sering kejadian justru belibet-libet. Kebolak-balik antara keinginan dan kenyataan. Yang ekspert di tulisan traveling malah baca postingan curcol gejeku, wkwk. Yang suka baca cepet alias demen ngerusuh hepi-hepian aja (saling sapa sesama blogger) malah baca postinganku yang serius-serius wkkkk--yang sebenernya aku pend terak dalam hati..aduh sesama blogger humor plis jangan baca postinganku yang serius-serius minta ditabok itu dunk, eyke kan maluu tauk. Yang blogger film dan sebenarnya pengen aku arahin ke blog niche filmku malah ntahlah baca postinganku yang mana.



Misal, aku lagi antusias abis posting sinopsis thriller korea, ahhh pengen deh si blogger yang sehobi denganku dan menggemari thriller juga mampir ke postinganku yang itu. Nah, tapi seringnya malah kejadian yang dimampirin adalah tulisanku yang lain. Terus lagi antusias nulis random tentang tema yang ciwi-ciwi banget, mikirnya sih asyik kali ya klo ntar teman blogger yang ciwi-ciwi or ibu-ibu muda curhatable ikutan baca, e la kok ternyata yang baca adalah blogger dengan niche yang lain yang ga paham dunia kewanitaan, Hueheheee.

Ya, emang sih yang kumaksud di sini pembacanya masih dalam lingkup kawan blogger yang biasa mampir. Belom yang perihal pembaca organik yang tersasar karena memang membutuhkan materi yang aku tulis, haha.

Agaknya ini memang masih menjadi PR besarku sih yang masih awam tapi demen otak-atik optimasi blog.


44 komentar:

  1. Susah mbak karena jujur klo aku ngeliatnya yang nyantol di artikel ya yang panjenengan komen di blog ybs. Aku juga pingin habis nulis sejarah gitu ato candi ada yang komen panjang trus nambah info yg belum kutulis ato aku belum tahu. Tapi sementara ini aku belum menemukan yg seperti itu.
    Ini cuma terawangan asal2anku aja, bisa salah lho.CMIIW IMHO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas masukannya :)
      Tulll...susah mau ngegiring pembaca (khusus yang sesama temen blogger) yg lagi bewe trus baca postingan yang satu selera temanya dengan yang biasa dia tulis di blognya. Apalagi yang biasanya bw mampirnya ke postingsn kita yang paling baru ya, yang blom tentu biasanya dia sukai temanya wkwkw

      Hapus
  2. Saya lebih suka baca blog yg ini mbak Nit. Curcolable. dan memang saya nggak begitu betah baca blog kuliner maupun travelling atau sinopsis gitu. mau komennya juga susah. kayak mesti sopan dan formal. kalo blog personal ya main rusuh aja. xD ngeledekin sesama pengomentar juga hayuk mah. ditambah lagi, suka ngiri kalo baca cerita travelling ama kulineran. ngiler euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaa makasih how, jujur kadang semangat juga klo dapet kunjungan dari blogger perusuh yang hobi nglawak juga kayak kalian, seenggaknya postinganku jadi ngga yang kaku kaku banget wkwkw
      Nah makanya, kadang aku jadi mikir mending tetep ngupdate banyak niche blog, biar misalkan dapet kunjungan sesama personal blog tetep smangat ke sini, terus klo yang demen kuliner traveling mampir ke blog sebelah, sama juga ama yang film bisa mampir ke sinopsis :D
      Biar kata ribet, yang penting pas gitu jenis komenannya

      Hapus
  3. Saya malah nggak mikirin pembaca, udah gitu jarang nuli lagi. Tapi anehnya pembaca tetap bertahan di 300-500 tiap harinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ksdang pingin yang sebodo teuing mikirin ada yang baca ato engga...hihi
      Cuma kadang ya mikirin juga ntar ni postingan jatohnya ke tipe pembaca yang gimana ya? Seru aja klo kebetulan yang baca eh kok ya ngerti maksud sebush tulisan.
      Btw keren mas arif statistikmu segitu tanpa rajin nulis
      Aku dalam sehari juga 500-700 (walo yang ini jarang-jarang, seringnya abis dishare ke medsos baru nyantol tu angka segitu). Untungnya ada stok tabungan postingan yang mempertimbangkan SEO untuk kasus ini :D

      Hapus
  4. Kalo kata mbak Shintaries, jangan jadikan komen blogger jadi patokan karena mereka kan komen ya untuk menyambung tali silaturahmi n gak cuma dateng ke 1 atau 2 blog jadi sesempatnya aja mana yg dikomen.

    Yang penting mah tulisan terindeks google, pembaca yg beneran butuh info kan emang dari sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke jeung, makasih buat masukannya. Hidupkan terus semua niche blognya muehehheeh
      Eyke serap dulu ilmu dari sang mastah

      Hapus
  5. tulis aja yg kamu suka dulu dek. kl sm tulisan sendiri gak nyaman, berasa loh pas dibaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mb ri, kadang keinginanku bejibun (pengen ini itu yang bisa naekin pv cepet) #eaaakkkkk

      Hapus
  6. Aku pas memutuskan pake dotcom ga terlalu mikir macem2 sih 😆 Ttp nulis yg aku mau, dr dl blog aku gado2, ga cuman satu tema, ga minat ternak blog ((ternak)) krn satu aja ga kerawat 😅 Kadang tulisan curcol pv nya malah gede, paling stlh tld aku lbh brusaha nulis dgn baik & lbh menarik biar di lirik brand or ahensi #eeeaaa #eeaaa 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo masalah tawaran dari ahensi meski blog aku masi gretongan, tapi juga banyak mb san yang ngejapri liwat email personal (mungkin juga karena backgroundku yang dulu anak media, jadi sebelom jadi blogger aku uda banyak kenalan ahensi en PR corporate) #paling permasalahannya itu ya di akunya mau eksekusi apa engga, karena aku liat-liat juga feenya hahhahah...*karena aku ga mau mumet nulis tapi feenya ga sebanding dengan effort ya akhirnya banyak yang ga kuterima).

      #klo beternak blog, aku masi ada kepengenan soalnya seru ada yang spesifik di tema tertentu gitu trus pas dicheck statistiknya selalu aja ada yang nyari dari pembaca random di belantara google (misal yang sinopsis film sama referensi kuliner)

      Hapus
  7. Udaaahhh, nulis aja ya mbul, pasti ntar ada aja yg mampir dan mmg lg butuh dg tulisan mu entu, kuliner atw sinopsis film, atw yg cucorable ini, .:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. #kasi amunisi semangatnya dunk mba ind
      #wink wink

      (ノ^ω^)ハ(^ω^ )ノ

      Hapus
  8. Ini keresahan semua blogger keknya, Nit. Ya soalnya, menentukan apa mau pembaca itu sulit. Belum lagi, niche yang dipilih tidak konsisten.

    Seperti kata Haw, niche blog personal emang yang paling gampang dikomentarin. Ya walaupun terkadang ada curcol yang keknya udah berlebihan, jadinya eneg buat dibaca.

    Nah, sampai hari ini aku juga udah banyak make tools buat nyari di mana para pembaca blogku berada. Tapi, apalah daya. Terkadang, apa yg kita tulis suka beda sama pendapat orang.

    Begitulah manusia. Susah ditebak.

    Jadi, solusinya gampang nit Jalani aja.... Ya apapun dan siapapun pembacanya, teruslah menulis.

    Soal yg komentar gak related, buat aja komentarnya moderasi. Kalo gak nyambung sama post, dimasukkan ke spam. Itupun kalo ada waktu buat menyeleksi.

    Selain itu, ya solusinya buat blog dgn 1 niche aja. Biasanya, akan sesuai prediksi kita responnya gmana.

    Ini juga pengaruh pembaca blog kitanya temen-temen blogger yg serng mampir di blog.

    Yawes, pokoknya bersemangatlah untuk terus menulis. Apapun itu, biarkan pembaca yg milih mau baca konten yg mana. Sipp..

    Btw, salam rindu dariku yg baru kembali bangkit dari rasa sakit. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. #wow mata belo
      Akhirnya dapat pencerahan juga dari sang mastah tulisan wortel euy,
      Welcomeback again her, lama ni ga mampir ke blog mu

      Bener banget pange..solusinya emang ngeblog tu jalanin wae yak, seiring sejalan tulisan kan menemukan sapa takdir pembacanya #ceilehh

      Sebagai seorang nubie eyke kudu survive dg hal ini her :-D

      Nah iyak, solusi yang tetep ngidupin blog yang 1 niche emang aku pikir tepat, andaikata kita terlalu bingung memanaje blog gado-gado
      Soalnya dia lebih cepet ngindeks kata kunci sih hihi

      #mantab jadi makin semangat kan gue ngeblognya

      Hapus
  9. Saranku sih let it flow Nit. Kamu fokus sama blog ini, maintain yg udah ada. Btw di blogspot bisa ko upload foto dg kualitas bagus, size nya kamu bikin extra large aja.

    Oiya bisa juga ganti template yg kekinian. Banyak ko yg gratis, tutorialnya jg bs cari di gugel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya makasi buat sarannya jeung inay
      Dulu sempet optimis sih nay mau mantain dg serius bust blog ini, tapi sejak ada kejadian yang kubold link merah itu rasanya ga segreget dulu mosting konten (yg harusnya jadi kekuatan blog ini--seenggaknya menurutku) dg lebih serius...
      Berasa ternodai kelakuan blogger AGC itu deh, huahaaaaaa

      Upload di blogspot ada si template yg kliatan gede, cuma blom nemu yang sesreg wp...klopun ada pesti berat bukanya, huhu

      Hapus
  10. aku juga habis bikin review kdrama di entertaininda, apakah kita nonton drama yang sama? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tadi mlm buka dari bloglistnya mb inge, kok ga nongol ya nyin pas dipencet entertaininda?

      Hapus
  11. Kalau pembaca blogku itu lebih banyak ke gardening, dan memang waktu bikin bulirjeruk.com kepengen banyakin green artikel, lha kok kenyataan ngepost step by step menanam aja kok ribet. Trus takut juga klo ada salah2 bahas ttg teknik berkebun.
    Belum lagi keinginan pribadi pengen upgrade skill, jadilah ikut lomba, belajar ngereview, dll. Jadilah blog itu rujak gado2.
    Suatu hari nanti, pengen deh fokus ke satu hal aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gardening? Keren justru #aku aja dari kemaren selalu pnasaran pengen nyari ilmu gardening buat rumah yang sempit #e minimalis ding bahasa alusnya huehehe

      Iya mb lidh, sama itu mah...gegara saking gado-gadonya blog aku ini, kadang suka kpikiran aduhhhh sesuai ga sih ama keinginan pembaca tema tema postingan yang kutulis huhu

      Hapus
  12. Akoh suka blogmu yang ini Niiit. Kalau traveling sama kuliner iya ih, mbaca juga gimana gituh mau komen. Yang ada mupeng, tapi piye carane menuntaskan kemupengan itu *halah. Jadinya bingung ndiri kan.
    Jadi mari kita nulis ajaaa, tiap tulisan akan menemukan takdirnya sendiri2. Eaaaa
    *ngomong depan blogku yang berdebu*
    *fyuuuhh*
    *nangis bombay*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo punya mb rotun laba-laba? Punyakuw apaan dong. Lumutan agaknya buahahaaaa

      #ikutan nangis berjamaah
      #terus ku lupa mo nulis sesuatu yang penting
      #akibat selalu ngegalauin hal hal teknis wkwk

      Hapus
  13. Aku udah dot.com tapi juga ngga ada adsense sama postingan berbayar mbak?
    Niat awal nyari doot.com emang biar keren aja gitu sih *apa banget ini Wqwq

    Dulu ada member dari Blogger Solo, juga sempet dapet kasus sama kaya kamu mbak. Artikelnya di autocopy gitu. Sempet ada yang ngeshare web buat mendeteksi siapa pelakunya, tapi aku lupa alamat web-nya T_T. Jadi pas dimasukin link blog copy'an itu, otomatis bakal ketauan siapa adminnya, kapan registrasinya, dan misal pakai dot.com, bisa ketauan juga itu domain nyewa dimana.

    Masalah komen-komenan, jujur aku seneng mbaca yang di blog ini malahan mbak. Walaupun blog ku isinya juga ttg travelling-travelling(an) plus buat nyari duit lewat lomba (yang banyak kalahnya), tapi malah excited mbaca personal blog yang curcol-curcol gini. Hahaha. Enak aja gitu dibacanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jyaaah blogmu mah udah keren jauh kemana mana lah nu, la punyaku masi gini gini aja #semacam agak muales ngupgrade #banyak alesan emang wkwk

      Hmmm gitu ya nu, dulu aku pernah coba laporin ke satpamnya dmca tapi malah ga ngerti soale bahasa inggris, aku ga paham hahahhaha
      Trus ga ditindak lanjuti huhu si autocopy itu

      Hmmm masa ? Berarti aku tetep rajin update yang di sini juga yo nu hahhaha

      Hapus
  14. Kalau saya nulis ya nulis aja, mbak, ada yang baca syukur gak ada yang baca ya saya baca sendiri berulang-ulang sampe bosan,wkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sih kang, saya juga nulis sekarepe dewe hahahha
      Klo ga ada yang baca kadang takbaca baca ndiri ampe mabok tulisan ndiri #ekok ngenes ya hahhahaha

      Hapus
  15. Saya bantu share G+ yah, biar jadi viral.. haha.. *pede_modeon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha, makasih mas dah dibantu share #padahal tulisan ubie yang masih banyak kekurangan di sana sini wkwkk

      Hapus
  16. Halah gapapa mbak belum pake com. Blog personal kayak gini pake gratisan aja wkwkwk

    Aku juga kadang bosen mbak nulis tema travel, mungkin beberapa pembaca juga bosan. Makanya sedang coba-coba tema lain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja mas jo, sekali-sekali trial postingan nonraveling. Cek ombak gitu mueheheh

      Hapus
  17. Udah dot com juga nggak menjamin bloger itu rajin nulis kok, Mbak. Yang blogspot atau yang masih gratisan, buktinya banyak yang rajin dan tulisannya berkualitas. Hehe. Santai aja~ :D

    Keresahannya sama nih. Pas lagi bikin cerpen, niatnya butuh dikritik atau dikasih saran gimana gitu. Seringnya malah sepi pengunjung kalau nulis begitu. Yang tulisan curhatan malah rame. Kan bingung. Belum tepat sasaran. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti keputusan gue buat tetap blogspot ga ada salahnya kan ya? Muahaha #bilang aja kamu pelit mbul

      Mmm, tu kan permasalahan ini bukan cuma gue ysng ngrasain.
      Yoih, rasanya tuh kayak...ah sial, kok target pengunjung itu bukannya baca postingsn kita yg A, mlh yang B (yg mnurut kita pas lg kurang greget nulis misal tema iklan huahahaaaa)

      Hapus
  18. Aku udah dotcom tapi hanya sesekali dapet tawaran job. Niatan dotcom karena alamat blogspot waktu itu susah diucapain dan terkesan alay. Huhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi pnasaran alamat blog sebelumnya apa mb pit #e kok malah kepow kamu mbul xixixi

      Hapus
  19. kalo saya nulis apa yang pengen ditulis aja sih Mbaa biar gak berasa terbebani saat nulis. syukur-syukur kalo ada yang baca dan komen :D

    oh iya, jarang banget saat baru publish artikelku langsung banyak pengunjungnya. Biasanya artikel-artikelku baru menuai klik yang lumayan setelah beberapa bulan dipublish tapi saya santai ajaa sih, toh nulisnya juga santai :)

    Senang deh mampir ke sini, ada banyak postingan baru dari Mba Nita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kereen dikau ma postingannya SEO banget uda mb ir, berguru dong, ugh la la ~~

      Hapus
  20. Meskipun tulisan mba Nita random, yang penting enak dibaca mba. Akupun nggak mudheng buat utak atik optimasi blog. Nyerah deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh kah mb? Kadang2 keinginan pingin nyantol di pageone mbh google memotivasiku mb biar ngeblognya niat hihihi
      #masih kudu sinau banyak saia

      Hapus
  21. Kayanya mah tiap tulisan ada pangsa pembacanya sendiri. Kadang ada yg nyasar ke blog gegara kita bahas pengalaman, kadang semua pembaca setia baca apapun post kita.
    Ngeblognya ya santay aja say. Kaya iklan bukalapak. Hahahah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener juga sih, aku jd pingin tiap hari nulis nih, latian ga terpengaruh visitor wkwkkk

      Hapus
  22. Makanya saya tetap setia ama 1blog itu aja Mbak, laahh tulisanku emang random. Ngepost yg gak perlu riset macam2, hihihih.
    Punya blog buku ama fiksi tapi sekarang udh berdebu banget dah krna gak pernah update, fufufuhh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi palagi lg hamidun bawaannya jd msles ngupdate semua ya mb di huhuhu

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...