Rabu, 14 Desember 2016

Resep Oseng Melinjo ala Ibuku



Sebenarnya Desember ini aku ada rencana leyeh-leyeh panjang (rencana apaan tuh? Haha..<--kepo) Makanya di awal-awal ini aku mau ngebut bikin beberapa postingan biar minimal ada lah yang diupdate, hihi...Sekalian ngabisin stok foto resepku juga yang belum keunggah. Nah, jadi pada kesempatan kali ini aku mau urun resep tentang cara mengolah tangkil (kulit) melinjo agar tidak alot saat dioseng. Resepnya aku praktekin sendiri dari mamiku yang udah piawai mengoprek wajan sejak duduk di bangku SD-SMP *lha kalok kamu kapan Mbul? Hoahahhahaha... Ya baru-baru ini sih #buka kartu.



Bahan-bahan :

Kulit melinjo
Kacang panjang
Bawang merah
Bawang putih
Cabe merah atau rawit
Gula merah
Garam
Minyak untuk menumis
Daun salam
Air

Langkah-langkah :

Rebus kulit melinjo terlebih dahulu bersama daun salam (tapi sebentar aja jangan sampe lodong)
 Taburi dengan sedikit garam, angkat, tiriskan
Potek-potek kacang panjang
Iris bawang merah, bawang putih, cabe, gula merah
Tumis irisan tersebut, masukkan gula merah, garam, oseng-oseng
Masukkan kulit melinjo yang sudah direbus tadi ke dalam bumbu tumisan
Masukkan kacang panjang. Aduk hingga harum.
Sajikan bersama nasi putih.

Ngomong-ngomong sayur melinjo ini punya sedikit cerita nih dalam hidupku #kanmaennn bahasanya. Dulu nih ya, pas jamannya masih bocah aku kan pemilih banget nih urusan makan. Utamanya sayur-sayuran. Pokoknya yang pedes-pedes atau oseng-osengan tu dulu ogaaaaah bianget. Apalagi yang namanya melinjo. Aneh gitu kerasanya di lidah. Namun, pas menuju ke sininya nih...yakni semenjak udah pisah sama ortu aka merantau, keknya makanan apa aja doyan deh. Ya, pengalaman ngekos yang pernah kelaperan lah, jauh dari warung lah, yang ngejatah sehari cuma 10 ribu buat 3 kali makan lah haha...jadi ibaratnya uda ngalamin pait manisnya kehidupan utawane masa-masa ura enak. Jadi makin ke sini mah, lidah hayok-hayok aja klo dikasih asupan apapun ahahhaa....termasuk juga melinjo. Dan entah kenapa sejak diajarin mamiku buat ngolah melinjo yang sedep kok rasanya makanan rumahan ginian kerasa mewah gitu #maap lebe. Tapi bener deh....apalagi kalo ditambahin lauknya tuh macem keripik paru (ntar gue tulisin di postingan sendiri deh ya) ama nasi panazzzz. Beghhh...,tanduk-tanduk deh istilah jowone hehehehe...








Bagaimana dengan teman-teman? Masakan rumahan apa yang paling ngangenin? Boleh deh sepak sepik di kotak komen, tapi aku ngider blogwalkingnya nyicil tar yak hihihi...




72 komentar:

  1. Dulu aku pernah nyobain oseng melinjo. Agak aneh juga karena baru tau kalau kulit melinjo bisa dimakan.

    BalasHapus
  2. kemecer deh lihat gambar masakannya., jadi ngiler,, hehe

    BalasHapus
  3. belom pernah makan melinjo...
    tapi liat gambarnya jadi bikin laper yak ._.

    BalasHapus
  4. Aku belum pernah makan melinjo mba. Kalau di sayur asam ada melinjo ya kayak hiasan aja. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya klo di asem asem cuma buat hiasan semata #tsahh

      Hapus
  5. Aku ga doyan mba melinjo bahahaha...masakan rumah yang aku kangenin cuman pepes buatan almh Ibu tiada yang bisa menandingi masakan blio :')

    BalasHapus
  6. masakan rumahan nyokap yg paling bikin kangen adalah cumi tinta hitam yg ada telornya di dalam. trus pake sambel... nyam, nyam *salah fokus*

    BalasHapus
  7. Nit, jujur.. saya lebih ngiler dirimu nyebut keripik paru daripada melinjo.. Haha.. Soalnya suka paru sih saya nih.. dan mungkin karena belum pernah ngerasain kulit melinjo ya.. Ga ada juga yang jual di Kendari sini Nit. Kiriminlahh.. *Modus :))

    BalasHapus
  8. Aku suka banget sayur ini Nit. Pedess gitu mantap. Klo pas ada daging ma santan...dimasak brongkos juga uenakk..☺☺

    BalasHapus
  9. Aaaaak! Mbak Nita bikin kangen masakan mama :(
    Dulu, mama sering banget bikin oseng melinjo ini. Sukak!
    Huhuhu

    BalasHapus
  10. belum pernah makan sayur ini dan blum pernah nyoba masak, kapan2 kalo lg kepasar coba deh. Ditukang sayur lewat mah gak jual daun melinjo :D
    klo saya paling kangen sambel goreng hati bikin si mama, gak ada duanya enaknya. itu yg bikin selalu mau mudik lebaran gak mau keabisan si sambel goreng hehe

    BalasHapus
  11. Itu kulitnya doang apa mbull? Terus bijinye dikemanain?

    BalasHapus
  12. ini makanan sederhana banget kalau di kampung. tapi mewaaah bagiku yang merantau. tiap pulang ngusahain makan ini

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah sih masak iniihh tapi aku suka makan mbakku yg bikin, sedap banget apalagi kan oseng pedes mbul, bisa nambah.. Gaswattt hihii. Kadang suka susah mbul si kulit melinjo inih..

    BalasHapus
  14. Potek-potek sudah masuk bahasa baku ya Nit? Hehe.. * Itu bahasa baku ala Nita :)

    Kulit melinjo saya belum pernah makan dan kayaknya nggak doyan deh meskipun belum nyicip.. mungkin harus jadi anak kost dengan segala pahit getirnya dulu ya baru deh suka.. tapi ibuku juga nggak pernah masakin ini..

    Kalau parunya mauuu banget :)

    BalasHapus
  15. jadi ingat emak, dulu pernah masakin kek gini :D

    BalasHapus
  16. Sudah terbayang bagaimana rasanya ini:)

    BalasHapus
  17. Aduuh, nelen ludah deh saya :(

    Oseng melinjo emang yahud, kalau aku sukanya sama sambal terasi.

    Hmmm, keriki paru? Penasaran, baru pernah denger...

    BalasHapus
  18. Aku punya pohon melinjo, tp diambil isinya doang biasanua, direbus buat cemilan. Kulitnya dibuang ....

    Makanan favorit keluargaku itu bothok2 an sama sambel lele

    BalasHapus
  19. Wesss tohh.. suedep tenan kayak'e :D
    Aku paling suka sama oseng-oseng gini..
    btw oseng melinjo ane belum pernah nyoba tapi. Hehehe

    BalasHapus
  20. mancaaapp.
    aku paling suka sama semua jenis makanan, terutama makanan yang udah siap langsung makan.
    aku cuma bisa ngabisin makanan doang tanpa bisa mencipta. :#

    BalasHapus
  21. oseng bunga pepaya teri

    oseng jantung pisang teri..

    BalasHapus
  22. Dulunya nggak suka, sekarang malah masak itu? Waaahh. Keren!
    Kalo aku tetep konsisten, nggak tau kenapa nggak suka. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus konsisten apa-apa, Mbak. Ngeblog pun begitu. Wakakaka. Halah!

      Hapus
  23. Ngekost tuh emang bikin mata dan lidah kita berubah, gara2 lapaaar segala masakan doyan, hahahaaa. Eh tapi aku gak pernah makan oseng kukit mlinjo. Kalo dibuat campuran sayur lodeh sih sering, dan enak emang.

    BalasHapus
  24. Waduh... jadi ngiler liat fotonya.
    Padahal baru siap makan.

    BalasHapus
  25. Kalau lagi pulkam, biasanya makan sayur kulit melinjo pakai bubur. Di tempatku namanya bubur sayur. Di alun-alun Kutoarjo kalau pagi banyak yang jual.

    BalasHapus
  26. Nggak pernah masak kulit mlinjo... Jadi penasaran deh...

    BalasHapus
  27. Itu yang di bungkus pake daun pisang isinya apaan?

    BalasHapus
  28. Entah knp sampe sekarang Saya masih kurang suka sama Melinjo, padahal orang tua sih pada suka bgt

    BalasHapus
  29. baca ini aku jadi pengen cepet nyobaakk masaakk aakk

    semoga enakkk :D

    BalasHapus
  30. baru tahu kalo kulit melinjo bisa dimakan Mbaa Nitaa *duh kemana aja saya selama ini yaa*

    BalasHapus
  31. lagi rempong dan susah banget cari waktu untuk bw padahal kangen ngider2
    di sby jarang orang masak oseng mlinjo gini aku rasa nyit
    soalnya gak ada ditukang jualan

    BalasHapus
  32. yuumy, namanya oseng itu masakan yang paling mudah ya

    BalasHapus
  33. ini mesti yang merah ya Nit ya, biar empuk. Sungguh aku dulu tak percaya ini bisa dioseng2, tpi pas nyobain, eh enak juga. Iya, inovasi lah ya, masa' disayur asem mulu

    BalasHapus
  34. belum pernah makan melinjo...bolehlah dikirim ke semarang..biar makannya nanduk :D
    makanan rumah yang dikangenin yaa tetap masakan orang tua, soalnya pakai bumbu kasih sayang dan gratis juga...hahhaha

    BalasHapus
  35. boleh dicoba nih mbul, di deket rmmh ibuk ada yg nanem pohon ini nih, en buahnya sering berhamburan, nggak diambilin, eman kan,

    BalasHapus
  36. belum pernah masak kulit melinjo, padahal suka banget rasanya pertamakalai nyoba dimana ya lupa, aneh awalnya karena nelum pernah oseng kulit melinjo :)

    BalasHapus
  37. Iiih enak banget ituuu.. maminya embuuul akooh mau doong dimasakiin hahahah XD

    BalasHapus
  38. Kayaknya aku pernah makan nih. tapi lupa dimana, rasana agak seret2 piye gitu ya?
    Mbak salam kenal, aku follow blognya, folbek ya :)

    BalasHapus
  39. Seru ya bisa berkreasi buat menu makan siang :-)

    BalasHapus
  40. perhatianku terpacu pada potek-potek, opo jane potek potek iku wkwkw..

    Kayaknya aku kurang suka kulit mlinjo ini, belum pernah coba juga sih hahaha

    BalasHapus
  41. Kenapa kulitnya mlinjonya tidak dipotong-potong memiring sehingga akan tampak lebih kreasi, mudah dikunyak dilidah.
    Bertambah umur, lidah akan dipaksa makan seadanya. Dan harus mau, jangan jajan terus :D

    BalasHapus
  42. Enak kulit melinjone, aku juga seneng sama kulit melinjo. nang tempatku kene yang punya pohon melinjo wohe akeh banget.
    kulitnya disayur melinjone dibuat emping, enak.

    Apapun masuk ya mba, hahaaa.. aku juga gitu, dimulai ketika jadi anak kos, semua asupan masuk.

    Bahasane mba, potek potek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih mba belum pernah liat proses bikin emping.

      podo mba, jaman kecilku juga ngono. bakar biji mlinjo wes bahagia banget.

      Hapus
  43. aku belum pernah nyobain, enak gak mbak :D

    BalasHapus
  44. ga begitu suka melinjo, menurut saya pahit, ga enak...
    etapi kalo udah jadi emping malah bikin saya ketagihan hehehe :)

    BalasHapus
  45. Aku sering lihat emak emak pada belanja kulit melinjo, tapi belum pernah makan.

    BalasHapus
  46. oseng-oseng m linjonya, hedeh enak banget kui mbaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  47. lah melinjo bisa dioseng oseng toh. Dulu gue pake melinjo buat lemparin temen gue :'))

    kalo diliat2 dan dibaca dengan seksama, kayaknya gampang aja ya bikinnya ._.

    BalasHapus
  48. aduh enggak sengaja melintas ke sini pas liat mlinjo sama nasi putih langsung kemruyuk perutku. Tambah cuaca lagi hujan lagi. ahahaha.
    Selain dioseng aku juga paling seneng kripik mlinjo, yang biasanya diaduk pake lelehan gula merah sama irisan cabe merah. enyak~

    BalasHapus
  49. pasti enak nih oseng melinjonya gak kalah sama oseng mercon

    BalasHapus
  50. Itu kulit melinjonya beli sekalian sama isinya ya? Di sini jarang nemu melinjo kayaknya. Aku pun belum pernah makan oseng-oseng kulit melinjo, hehehe

    BalasHapus
  51. aku baru tau kalau kulit melinjo bisa dibuat menu enak begini, biasa ibuku masak sayur asem kulitnya aku buang yang dimakan isinya aja..jadi pengen nyobain resepnya

    BalasHapus
  52. aku pas dimasakin ini ama ART ku, sempet mikir itu cabe merah Nit hahahahaha ;p.. agak jiper juga mau makan, krn perut lg ga enak, walo aku suka pedes... sampe bilang ke si mbak, "mba, aku makan pake telor ceplok dulu ya, soalnya itu tumis kacangnya agak serem, cabenya kebanyakan ". hahahaha si mba art lgs ketawa dan bilang itu kulit mlinjo ;p.. aku cobain, dan sukaaa ^o^... tapi biasanya si mbak nambahin kecombrang nit, krn dia tau aku doyan itu juga...

    BalasHapus
  53. Kayak yang enak.. Tapi aku kurang suka kulit melinjo. Cobain praktekin deh biar ga penasaran hehe

    BalasHapus
  54. Dicampur kacang panjang dan gula merah ya, rasanya jadi pedas manis ya ๐Ÿ˜Š iya kalau kulit melinjo direbus dulu biar numisnya ga kelamaan ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  55. aku juga sukak oseng melinjo! Makan jadi lahap, hehehe

    BalasHapus
  56. sudah lama ga makan oseng ...
    jadi kepengen ... bahan2nya gampang ... langkah2nya kayaknya sih mudah .. coba ah .. paling nanti hasilnya berbeda :D

    BalasHapus
  57. Menanti resep keripik paru ๐Ÿ˜Œ seumur-umur belum pernah nyobain melinjo nih kecuali keripik melinjo yang akunya gak doyan~

    BalasHapus
  58. Wah jadi kangen masakan rumah nih..
    Kpn2 masak gni enak x ya.. Hehe

    BalasHapus
  59. Sekilas, kukira tadi yang merah-merah itu cabe semuaa... Setrong amat kalao bener wkwkwkwk

    BalasHapus
  60. Masakan santan daun singkong tumbuk bersinergi dengan sambal terasi dan sambal ikan teri Medan. Mak nyoos, itu!

    BalasHapus
  61. Aku suka banget makanmelino, biasa nya dari sayur asem taoi sekarang berjenti dulu kolesterol dan asam urat hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada ihik ihik ihik ... maka nya lagi milih2 makan

      Hapus
  62. kalau saya mah, tempe orek paling ngangenin itu deh. oseng melinjo menawan sih, cukup mearik perhatian...

    BalasHapus
  63. Belum pernah coba, tapi penasaran gimana rasanya hehehe

    BalasHapus
  64. dulu pernah makan sekali waktu acara baksos ke Serang
    dan jadi terkenang2 enaknya
    sampai sekarang belum pernah ketmu lagi dengan lauk ini

    BalasHapus
  65. Kalo aku suka sayur asemnya Mama dan sambal terasinya, sedap banget deh dimakan dg nasi anget dan gorengan ikan. Ini aku lagi mudik di rumah ortu, jadi bisa kangen2an dengan masakan Mama :)

    BalasHapus
  66. Baru tau Kalo kulit melinjo bisa jadi sayur dioseng oseng gini mbak Nita. Biasanya aku makan yang melinjo (kulit dan isinya) disayur asem. Aku lagi kangen sayur asem sama gudeg postingin resepnya dong mbak.

    BalasHapus
  67. Oh well, tiap kali main kesini bawaannya bikin laper mulu, lah iya isinya makanan enak mulu. Untung sekarang lagi enggak bulan puasa, kalo puasa baru bisa maen ke blognya ka tiwi kalo udah jam 5 sore lewat, biar aman soalnya udah deket waktu berbuka. Wkwk :D

    saya juga suka sayur kulit ka, kalo ada kuahnya dan agak pedes gitu, yummy gitu deh.

    Iya, anak kosan mah gak pilih2, ada makanan apa aja juga abis. Wkwk
    Oke, jadi yang pernah jadi mahasiswa rantau atau yang lagi masih kuliah kaya saya sekarang makannya pasti enggak pilih2. Bener kan, ka? Hehe

    BalasHapus