Sabtu, 10 Oktober 2015

Pengalaman Menggunakan Nastiti WO Purworejo



Ceritanya flashback  H-1......

H-1 itu berjuta rasanya. Ada seneng, bahagia, haru, tegang, panik, capek, ngantuk, hawanya pengen istirahat tapi banyak orang yang harus diladenin satu-persatu. Hahahaha...komplit. Jadi sebelum tanggal 14 Mei 2014 itu, rumah udah ditobong. Karena di sini biasanya ada yang dateng sebelum resepsi, pada saat resepsi, ataupun sesudah resepsi. Sekalian pasang tendanya 3 hari 3 malam. Selain itu ibu-ibu laden juga udah pada stand bye. Soalnya masakan yang disuguhkan di sini kan lain dari yang pesanan katering untuk resepsi. Rempong memang. Tapi apa mau dikata. Namanya juga tradisi.




Dan di hari itu pula aku sudah harus pasang tampang di depan, menyambut tamu-tamu yang datang ke rumah. Tadinya kupikir udah pake baju biasa aja. Ga perlu dandan-dandan segala. Eh ibuku malah mewajibkan dandan biar kelihatan mantennya yang mana. Hohoo, ya udah deh nurut aja. 

Pagi itu didatangkanlah temen ibu yang jago rias. Riasannya juga simpel sih. Pake bajunya milik pribadi yang didapet dari Tamrin City. Yang penting matching. Habis itu udah deh seharian menyambut tamu-tamu. 

Pas udah jam 12 siang, aku ngerasa kepala uda mulai nyut-nyutan. Ya iyalah seharian belum makan. Akhirnya disuruh masuk n istirahat. Sementara itu sodara uda mulai berdatangan. Rame lah pokoknya. Isi rumah tumpah ruah. Ada juga yang sebagian mau nginep karena jauh dari luar kota. Kamar pengantin juga udah mulai dihias. Pokoknya itu hari paling rame dalam sejarah.

H-1 aja tamu udah segambreng2

Tamu temen kantor ibu

kamar pengantin

Malam sebelum Hari H

Minuman dan suguhan tamu ditata cantik

Makanan yang ada di rumah

Pisangnya menggodaaah

Uda rapi

Oseng merconnya endeus

Tu yang namanya oseng mercon

tempe bacem, mie goreng jawa, rendang, oseng mercon

peyek teri bikinan ndiri

Legit....


15 Mei 2014....

Sekitar pukul 04.30 WIB, suasana rumah udah kayak kapal pecah. Secara akan ada hajat di rumah ini. Ya, semalam suntuk, sodara pada begadangan. Bukan cuma bapak-bapaknya, tapi juga ibu-ibunya pun masih pada doyan melek dan bolak-balik ke dapur untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Walhasil, untuk menemani yang pada ronda, ditambah kondisi cuaca yang sedang cengeng-cengengnya (baca : ujan terus seharian), maka disediainlah aneka cemilan. Hingga piring-piring pun bertebaran aneka kulit kacang, kena lengket sisa nasi, dan gelas yang hampir semuanya udah disemutin hohohoo..... Pokoknya banyak peralatan dapur yang pada bubrah. Dan aku yang notabene suka kebersihan, begitu lewat dapur (karena mau Subuhan) rasanya langsung pengen jalan aja sambil merem, serius berantakan banget. hihihii...


Tempe bacem....

Ada santen juga kayaknya buat cendol

Adonan apa ini ya?

Bongkahan tahu yang siap dimasak

Tahu putih...dan suasana pawon mburi tempat masak-masak


Setelah ambil air wudhu, akupun sholat. Habis itu sayup-sayup dari depan uda ada suara-suara kalo rombongan perias dari Nastiti udah dateng. Ibuku teriak-teriak biar aku segera ambil posisi untuk didandani mengingat ijab dimulai pada pukul 7 teng !!! Sumpah ini kepagian banget. Secara keluargaku emang terkenal disiplin, jadi kalo ngadain acara ga pengen ada istilah molor. Pengennya kelar dalam 1 hari itu juga. Biar capeknya sekalian. Dan itu pun berlaku di kawinan kakakku di tahun sebelumnya.

Begitu keluarga inti udah pada Subuhan, perias pun pegang kami satu-satu. Periasnya banyak euy. Karena yang didandanin juga banyak. Aku sendiri didandani oleh sang masternya yaitu Bu Peni. Yang lain ditangani  oleh asistennya. Dalam kondisi yang cukup ngantuk--karena semalem ga bisa tidur cz denger dengkuran salah seorang sodara yang tidur pas di kamar belakang --aku pun berjalan lemes, lunglai, kurang cairan, ditambah mata panda. Item gitu men ! Tapi ngeliat Bu Peninya semangat, aku jadi ga enak klo kudu letoy.  Tapi aslinya pasrah. Ga tau mau didandanin model apaan. Pertamanya sih putih-putih. Karena mau akad dulu ya. Sengaja aku pilih putih karena ga mau warna yang aneh-aneh dulu di momen yang paling sakral di hidupku ini.









Nah, di kamar pengantin (baca : kamar bapak yang disulap golden glow), Bu Peni uda bawa peralatan tempurnya. Beliau memang udah banyak makan asam garam masalah per-make-up-an karena punya WO yang cukup komplit. Namanya WO Nastiti, Purworejo. Istilah kata One Stop Shopping. Galeri sekaligus rumahnya ada di daerah Jl.Magelang km 11, Kaliurip, Kec. Bener, Purworejo. Bener-bener gede dan megah, layaknya butik profesional di Jakarta. Pilihan kebayanya juga macem-macem. Aku dan Tamas uda bolak-balik fitting ratusan kali buat nentuin tema yang pas di Hari Jadi kami sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan ke warna marun. 

Pokoknya the best lah pelayanan beliau. Sangat profesional. Bahkan kalau kami ke sana, jamuan yang keluar selalu penuh di atas meja. Ga tanggung-tanggung, bakso pula yang dihidangkan. Ibu juga pernah sempat dibawain tempe mendoan satu kresek besar sebagai buah tangan. Keren ya.

Oke balik lagi ke riasan. Di situ, intinya mah pasrah aja mau diapain ini muka. Yang penting requestku tercapai. Meski lumayan adaptasi juga dipakein bulu mata berlapis-lapis, foundation dan bedak yang ditimpakan berulang-ulang, sampe lipstik yang sempet ganti 2 kali. Iya soalnya awalnya itu dipoles dengan warna ungu. Kan ga cocok ya? Masa ungu sama putih. Langsung deh aku minta biar diganti dengan warna pink nude ajah. Walau pucet yang penting pas. Hohoooo.... Dannnn mungkin karena ga biasa dandan, begitu ngliat ke cermin, OMG, muka guweee !!! Persis topeng. Huhuhuuu. Ya sudah lah, daripada banyak protes, nanti malah ga maksimal. Dan lagi riasan tebel kek gini konon katanya bisa menjadikan yang difoto jauh lebih cantik di depan kamera. Eaaaa !!!

Begitu muka udah selesai, akhirnya giliran kepala yang ditouch up. Sebelumnya aku udah jauh-jauh hari kirim desain krudung ke Nastiti via email. Apakah hari ini akan terlaksana pesanan jilbab gue?? Ternyata yang ambil alih bukan Bu Peni lagi, tapi salah seorang asistennya yang masih muda dan kayaknya up date masalah perkerudungan. 












Pertama, rambutku dicepol. Sanggulnya tinggi .. Dan kemudian itu jilbab diubed-ubed, terus ditusuk pentul sana-sini, dipasangin aksesoris yang maha berat, bunga-bunga, dan lainnya. Beraatttttt... Badan jadi agak terhuyung karena menahan kepala yang tiba-tiba meninggi itu.

Habis krudung selese... tinggal pake baju. Waktu fitting, terus terang ini baju muat lo di badan. Tapi tiba-tiba pas dipakai di hari bersejarah, kok kesannya malah sesek. Ini karena aku pake manset yang lumayan tebel kaosnya, ditambah kendit dan lipatan jarit. 

Kelar dandan, pengen dong mengabdikan diri pake hp...secara klo manggil tukang foto pasti blom pada siap. Jadi minimal didokumentasi pake HP dulu. Eh keluarnya kesrimpet-srimpet, karena model bajunya tile yang penuh permata. Udah gitu pake jarit lagi, lengkap sudah penderitaannya. Hahahha, ke kamar kakak n adek, huaaa...mereka kaget ... Mungkin mereka tidak biasa dengan mukaku yang seperti ini. Hahahhaha.... Pas aku mau difoto, kakak bilang ga usah. Ribet. HP nya juga tau pada kemana. Pake kamera digital aja. 






Oke, semua beres. Samar-samar dari balik jendela, cuaca uda terang. Udah pagi boook. Dan uda banyak tamu-tamu berjejer di kursi halaman depan. MC udah cek-cek mikropone dengan kalimat : SATU ... SATU....DICOBA... Sound System udah dipasang lagu-lagu kosidahan juga campursari. Makanan prasmanan uda ditata cantik. Among tamu uda pada baris. Wahhh rupanya rombongan pengantin pria udah mau datang. Ah..jadi deg-degan. Kaget ga ya ngliat mukaku dirias kayak gini? Hohohoo... 

Lalu ibu manggil aku biar siap-siap duduk di bangku pelaminan. Hahahhaha...saking deg-degannya kayak mau disidang Pak Penghulu. Ini muka uda ga kekontrol kayak gimana. Ga biasa euy dilihat banyak orang dengan tampilan kayak lagi nglenong. SUWER !!
 
Dan begitu rombongan pengantin pria tiba di depan gerbang, penerima seserahan saling oper sambil senyum dan cipika-cipiki antar keluarga. Hmmm rombongannya panjang juga. Jadi makin grogi. Hahahahha... Udah ah, nunduk aja, dan berdoa dalam hati ayo dong cepetan beres. hahhahaha...


Rombongan Tamas dah dateng euy...

Barisan pembawa seserahan

Wihiiii dapet kado gede gilaaa...asyiikk !!


Ijab pun dimulai pukul 07.00 WIB. Kita semua uda pada tegang. Si Tamas duduk di sampingku. Kringetan. Mungkin panas. Atau G-R-O-G-I !!! Di depan kami udah ada Bapakku, Pak Penghulu, dan Pak Kaum yang biasanya memimpin acara kawinan di desa kami. Juga ada keluarga dari pihak Tamas. Ya...ada beberapa sambutan sedikit sih, terus abis itu acara ijab qobul dimulai. Saking groginya, waktu itu bapak nyebut Tamas dengan sebutan ga lengkap. Terus dengan semangat Tamas ngenjawab kenceng : Saya !!! 

Hahahhaha......

Dalam hati aku agak geli sih, abis jarang ada yang manggil tamas itu. Jangan-jangan keren juga kalau si Tamas dipanggilnyakek gitu (berasa ikhwan-ikhwan banget gitu loh).Terus Tamasnya juga ngejawab 'sayanya' pake semangat 45. Iya. SEMANGAT BANGET. Jadinya disuruh ngulangin lagi kan ??

Ya udah, pokoknya 2 pria paling penting dalam hidupku ini akhirnya saling tatap dan berjabat erat. Intinya Bapakku sudah ikhlas menyerahkanku sepenuhnya pada pria yang InsyaAlloh akan menjadi imamku sekali seumur hidup ini. Allohumma Amiin.... SAH??? SAHHH !!!! Doapun terlantun. Nasihat perkawinan dibacakan. Suasanapun cair karena kajian dari pak penghulu kadang diselingi gelak tawa. Aku pun senyum-senyum sendiri melirik Tamas yang sudah resmi mengantongi SIM (Surat Izin Menggauli) dari Pak Penghulu. HAHAAAAAA. Bahagianya.

SAH, Aminnn amiin

gebyoknya putih


Bubar akad, acara dilanjutkan dengan resepsi. Gas pollll !! Biar sekalian beres. Kali ini dengan tema merah marun. Alasan klasik sih. Karena marun itu memberikan kesan 'wah' dan jreng, tentu saja. Iya aku emang suka jreng. Trus kenapa? Ya ga pa pa sih. Hahaha....  Ini juga disesuaikan dengan undangan kawinan dengan tema serupa.

Oh iya, khusus undangan, mungkin karena aku anaknya idealis, maka aku pengen kasih kesan kalau undangan itu 'aku' banget. Biasalah, sembari ngumpet-ngumpet promosi bahwa aku suka gambar. Yap... jadi di undangannya ada gambar kartun bantet-bantet yang kesannya mencerminkan aku banget.  Sebenarnya pas ngedesain, aku kasih 3 opsi sama ibu dengan rincian : 2 gambar kartun konyol, 1 gambar kartun cantik-cakep. Daaaan .... sempet terjadi perang batin juga sih, manakala adekku justru lebih pilihin yang gambar konyol, karena kurang lebih menyerupai aku banget. (WHAATTTT !!!!)

Setelah aku timbang-timbang emang bener sih, miripan yang itu. Ya sudah aku pilih itu ajah...hahahha...Ga lupa pula aku selipin gambar kucing di bawahnya biar makin otreeh..

Setelah ada kata setuju dari Ibu, akhirnya dikirimlah itu desain ke percetakan di Purworejo. Namanya Salsa yang kalo ga salah tempatnya ada di daerah Baledono (deket kali). Mayan murah. Model buku kertas undangan, dilipet jadi 2 (buka-tutup) dengan kertas tebal plus tinta emas cuma 3 ribuan perak per bijinya.....Kebetulan yang dicetak kan 3000 an undangan, jadi lumayan menghemat budget.



Mula-mula gambar karakter cakep-cantik

kugambar manual pake kertas gambar

Lalu gambar karakter konyol 1

sebelum kutambahin kucing jantannya hihi

karakter konyol 2

setelah kugabung jadinya gini, kucing jantan item sebagai pemanis hihi




Lanjut lagi gan !

Lemes sih sebenarnya. Sumpah ya, karena aku belum makan. Sebenarnya udah sih, tapi rasanya ga nafsu alias yang masuk ke perut baru dikit dan sepertinya belum tercerna dengan baik. Maklum banyak pikiran. Masih banyak PR buat ganti kostum habis ini. Apalagi krudungnya. Karena beda warna dengan akad, ya musti dibongkar lagi. Kebetulan acara dimulai pukul 10-an yang mana bertempat di gedung sekolah kami. Bukan di halaman rumah lagi. Hehe...secara kan suami ternyata kakak kelasku di SMA. Tapi ga ketemu juga sih karena kan beliau ini beda beberapa tahun di atasku. Lucu juga andaikata kebayang aku masi SD terus tiba-tiba ketemu Tamas yang udah kelas 1 SMA...jadi kebayang yang engga engga hahahha.

Balik lagi ke resepsi.

Riasan tetep Bu Peni punya. Kali ini riasannya tegas. Untuk posisi krudungnya, aku juga pengen ubah model. Jangan kayak pas akad. Arah sanggulnya jangan ditaro pas di ubun-ubun. Karena itu bikin pusing. Maunya agak dimenjorokkin ke belakang. Terus dahinya juga diliatin. Ga kayak tadi pas akad yang agak nutupin alis. Pokoknya mau perfect, setidaknya menurut seleraku. Karena pastinya yang marun ini kan yang bakal banyak kefoto. 

Abis difoto close up berdua, kami pun diburu-buru panitia buat siap-siap ke tempat resepsi. Soalnya yang lain termasuk keluarga inti manten juga udah nyampe duluan. Kami dijemput dengan mobil. Bertiga dengan dukun mantennya. Ahhhh.... sayang sekali, mobil merah yang udah cantik dan dipakein bunga-bunga itu ga sempat kefoto.

Di sepanjang perjalanan, kami dibekali tata cara adat yang nanti kudu dipraktekin di lokasi acara. Nah, si mbak dukun mantennya ini ngomonginnya cepet banget. Pet pet pet pet !!! Apaan tuh yak yang barusan diomongin? Sampe-sampe aku yang lagi konsen menyesuaikan diri dengan make up super tebel ini ga bisa nangkep. Untung Tamas IQ-nya tinggi (pamer). Jadi dialah yang langsung nerjemahin apa kata mbak dukun mantennya tadi karena kebanyakan didominasi oleh Bahasa Jawa Halus (Kromo Inggil). Hahahha..Yang penting tar dipandu ini.

Kurang lebih 15 menit, kami nyampe di Halaman Gedung sekolah, tempat pelaminan kami didekor. Wah.....dari luar aja uda bikin aku terkagum-kagum. Kayak begini toh kerjaan tim dekor Nastiti semalam suntuk. Bener-bener mantabbbb.....Di gerbang sudah ada janur dan bleketepe juga pisang-pisang yang digantung. Udah kuning-kuning uuiii...siap dipetik. Haduh, pokoknya harus foto di sini nih....Kudu..wajib. Tapi kenyataannya ga sempet juga karena udah dipanggil panitia biar bisa duduk sambil nungguin instruksi cucuk lampah yang bakal ngiring kami jalan. Oke dehhh...rempong. Hahahhaha..


Kok ku pengen nyomot pisangnya ya?


Tampilan pelaminanku

Kuda ponipun ikut berpesta


Abis dikode ama panitia, kami pun jalan menuju pelaminan. Pertamanya disetting supaya aku dan keluarga cewek yang duluan jalan. Habis itu aku bisa duduk sendiri dulu di pelaminan. Lalu tar pas keluarga cowok dateng, baru deh aku disuruh menghampiri buat selanjutnya jalan lagi sama-sama. Selangkah-selangkah. Maju-maju cantik-cantik. Hahahhaha.... (sumpah ya, ternyata disuruh acting kayak artis itu susah cyiint). 

Terus sebelum jalan bareng itu ada acara lempar sirih dan injak telor. Tamas yang injak telornya, aku yang disuruh ngebasuh kakinya. Byuh, kesian amat sih Mas kok udin ganteng-ganteng malah disuruh amis-amisan dulu pake telor. Maknanya apa ya? Pokoknya intinya mengandung perumpamaan-perumpamaan dalam berumah tangga, kayak pengabdian, rasa hormat, kerja sama, dll. Terus abis itu jalan lagi diiringi orang tua dan cucuk lampah yang nari di depannya....Berasa lamaaaaa banget. Masalahnya gw pake heels.. itulah deritanya wkwkkw...

Ga sampe di situ aja. Ada adat tuang beras, makan dan minum bareng, sungkem, dll. Pas sungkem sempet mewek juga sih, karena ga kuasa ngelihat mata Bapak en Ibu pas memberikan petuah-petuah dikit. Duh, nyes amat yak? Dulu waktu kecil, waktu tante-tanteku married, sempet heran juga sih, kok mereka nangis waktu nikah, e ternyata bener ada momment mengharukan kayak gini. Ah, sial, udah bedakan pun....gawat..gawat...ntar luntur pegimane? 

Habis itu tamu-tamu pada berhamburan deh karena pas banget ama jam makan siang. Hehehhee...mula-mula tamunya sedikit. Makin siang dan makin siang lagi, langsung keliatan membludag. Ribuan. Yaiyalah secara yang diundang 3 ribuan. Paling engga itu gedung bisa disesaki 6 ribu orang karena ada yang bawa pasangan en bawa anak. 




Alhamdulilah alhamdulilah, semua senang....terharu rasanya bisa menjamu tamu walau pastinya masih ada kekurangan di sana-sini.... Lebih senengnya lagi adalah dengan hadirnya tamu yang benar-benar kami kenal. Surprise, meski cuma undangan lewat inbox FB, temen SMA datang. Guru-guru SMA yang uda 5-6 tahun ga ketemu juga datang. Guru-guru SD, SMP, temen-temen kantornya Tamas yang satu kompi sendiri, semuanya datang. Hihiiii..makasi ya semua....bahagia banget bisa berbagi kebahagiaan. Pokoknya itu tamu makin siang makin membludag, ga ada berhentinya buat salaman. Sempet juga di tengah-tengah acara, high heels yang menyiksa ini,aku copot. Nyeker dong? Hahahha... Iya. Dan di situlah Tamas baru sadar bahwa aku ini .... pendek. Hahahahah....

Pulang-pulang langsung kerokan juga pijat plus-plus.

EAAAA... 


Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Pernikahan dan Souvenir